MANUSIA DAN KEINDAHAN


Keindahan adalah sifat-sifat yang merujuk kepada sesuatu yang indah di mana manusia mengekspresikan perasaan indah tersebut melalui berbagai hal yang mengandung unsur estetis yang dinilai secara umum oleh masyarakat.

Keindahan sebagai suatu kualitas abstrak (Beauty as an abstract quality)menggambarkan sesuatu yang kontemporer dan bersifat nonrealistic di mana sang pencipta karya menggambarkan sesuatu yang tidak bisa dimengerti secara umum dan tidak sesuai dengan realita. Keindahan sebagai kualitas abstrak menggambarkan suatu bentuk dalam yang keindahan di mana keindahan tersebut bersifat eksklusif dan hanya dapat dimengerti oleh orang yang menciptakan keindahan tersebut berdasarkan apa yang dipahaminya.

Keindahan sebagai benda tertentu yang menunjukkan keindahan keindahan memiliki konsep pemahaman dan nilai yang berbeda dengan kualitas abstrak di mana benda yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu yang mewakili keindahan secara umum dan dapat dengan mudah diterima maupun dipahami oleh masyarakat.

Contoh keindahan dalam bentuk benda:
Secara alami: Manusia menaruh rasa kagum atas keindahan alam yang merupakan ciptaan dari Yang Maha Kuasa. Buatan tangan: Karya seni yang memiliki nilai estetika yang dapat dinilai oleh manusia. Keindahan adalah suatu hal yang memiliiki definisi yang luas dan pandangan mengenai keindahan masing-masing berbeda dari setiap ahli, tergantung bidang yang digeluti oleh orang tersebut. Keindahan atau “beauty” adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok.Keindahan juga dapat memberikan kita rasa keingintahuan tentang hal tersebut semakin terus bertambah.contohnya jika kita bermusik,kita akan semakin mencari ‘feel’ apa yang cocok untuk hati kita.

Renungan, dan keserasian

Dalam menghadapi kehidupan yang sudah sngat kompleks (segala persoalan ada), maka seseorangn dapat memilik tipe-tipe lain.

a. Renungan
Merenung adalah memikirkan sesuatu secara mendalam dan diam. Merenungmerupakan proses berfikir manusia yang terjadi dalam otak. Dalam merenung diperlukanobjek yang dipikirkan yang kemudian dolah dalam otaknya dan akhirnya diperoleh hsil pemikira yang disebut renungan.Dalam usaha manusia menciptakan karya seni, terdapat beberapa teori: teori pengungkapan,teori metafisika, dan teori psikologi.

1)Teori pengungkapan
Setelah seniman meenungkan cukup dalam, lalu memperoleh idea tau gagasanyang diinginkan, dikeluarkanlah idenya itu dalam bentuk pengungkapan. Dalam bahabahasa seni, pengungkapan ini disebut ekspresionisme yang dapat dituangkandalam bentuk wujud lukisan, sastra, tari, musik, maupun pertunjuka

2)Teori Metafisika

Dalam teori metafisika, orang mempergunakan filsafat sebagai dasar  perenungannya. Seniman zaman dulu lebih banyak mendasarkan filsafat keagamaan.Walaupun saat itu agama monoteisme belum lahir, namun sejumlah pemikir telah mengakui bahwa alam merupakan pikiran utama yang ditiru manusia dalam penciptaannya. Maka lahirlah aliran naturalisme.

3)Teori Psikologi
Dalam teori psikologi, penciptaan seni berdasarkan kejiwaan. Menurut SigmundFreud
(1856-1938), struktur kejiwaan manusia terdiri atas lapisan sadar, bawahsadar, dan yang tidak disadari. Manusia pengetahuan dalam menciptakan sesuatu akan menggunakan pemikirannya yang berada dilapisan sadarnya, berbeda denganmanusia seni yang dalam menciptakan sesuatu menggunakan dasar kejiwaan,terutama yang berada dilapisan bawah sadar dan mungkin sekali di lapisan yang tidak disadari.

Keserasiaan

Keserasian berasal dari kata rasi yang berarti cocok, sesuai, ataupun harmonis.Dalam keindahan, seni juga perlu adanya keserasian dan nilai estetik. Dalam ilmu budaya dasar, disebutkan ada enam asas ciri-ciri bentuk seni,yaitu kesatuan bentuk, tema, keseimbangan, perkembangan, dan tata-jenjang. Uraiannya adalah sebagai berikut.

1)Asas kesatuan bentuk 
Menyebutkan bahwa karya seni memiliki unsur-unsur yang keseluruhannyamembentuk karya sebagai satu kesatuan yang indah. Misalnya lukisan manusia,walaupun bagian muka dilukis denga wajah yang cantuk atau gantenng, tetapi apabila pada bagian jari terjadi pelukisan yang yang kurang serasi maka lukisan itu akanmendapat komentar ³sayang jari-jarinya kurang indah terlukis´.

2)Asas tema
Asas tema (the principle of theme) menyebutkan bahwa setiap karya senikeseluruhan, adakalanya juga memiliki beberapa tema dalam suatu karya seni.Misalkan, seni lukis karya Hendra Guanwan yang diberi nama Pengantin revolusi.,melukiskan sepasang pengatin yang sedang diarak hanya berboncengan sepeda yangmenandakan zaman revolusi yang memperihatinkan.

3)Asas variasi berdasarkan tema
The principle of thematic variation meruoakan asas yang berganti-ganti, tetapitemanya tetap. Beranti-ganti dalam arti ³ceritanya berbeda´, namun temanya tetap dan ini yang memberikan ciri sang seniman.

4) Asas keseimbangan
The principle of balance merupakan asas keseimbangan antara yang baik danyang buruk, antara marah dan gebira, yang menggambarkan bahwa ada kesamaandariunsur yang berlawanan, atau bertentangan dalam unsure-unsur yang bersamaansehingga menciptakan sesuatu kebulatan yang baik. Karya seni hendakya tidak semata-mata bergantung atas satu unsur saja karena hal itu tidak akan memberikangambaran yang tidk seimbang dalam kehidupan dunia yang berisi hal-hal yang bertentangan.

5) Asas perkembangan
The principle of evolution merupakan asas yang menggambarkan bahwa awal suatu karya seni akan menentukan bagian-bagian selanjutnya dan bersama-sama menciptakan suatu karya yang menyeluruh hal ini sangat diperlukan dalam penggambaran cerita yang jalannya bersambung.

6)Asas tata-jenjang
The principle of hierarchy merupakan asas yang menyatakan bahwa satu unsure yang memegang peranan penting secara tegas akan mendukkung tema yang bersangkutan dan mempunyai peranan yang lebih besar dari pada unsur-unsur lainnya. Misalkan, dalam wayang beber (ceriat wayang yang dilukis untuk satuepisode) , tokoh utama digambarkan lebih besar dari tokoh yang lainnya, begitu jugadalam lukisan maupun di bidang perfilman



MANUSIA DAN KEINDAHAN MANUSIA DAN KEINDAHAN Reviewed by BAYU TRI WIBOWO on 6:48 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.