Tahap Setelah Sidang Penulisan Ilmiah

Setelah perjalanan panjang buat dapet pernyataan LULUS sidang PI, ternyata perjalannya belum berhenti di situ lohh kawan" sebangsa setanah air.
Saya coba share pengalaman saya kemarin,

1. Setelah dapet pernyataan LULUS yang ditempel di loket sidang, upload persentasi sidang ke deposit library di studentsite.


Tapi jangan lupa untuk pake LAYOUT yang DITENTUKAN yang bisa di download di studentsite - deposit library - download (Pilih saja yang pertama, untuk TI). setelah diubah layoutnya, ubah ke dalam format PDF.

2. Pilih Upload Penulisan Ilmiah, lalu pilih Upload Penulisan Anda.


3. Isi data seperti biasa sesuai data penulisan kamu, untuk dimensi dan subyek penulisan bisa dilihat penjelasan berikut,


Untuk informasi sidang bisa diisi sesuai dengan tanggal sidang dan tanggal upload, untuk jenis diisi PERSENTASI PENULISAN ILMIAH.

4. Pilih lanjutkan langkah 2 , ikuti saja sampai selesai. lalu kembali ke menu awal maka akan muncul tombol "cetak bukti presentasi" seperti berikut,



5. Klik pada cetak bukti presentasi, maka akan muncul 3 bentuk barcode dalam format PDF, lalu print.

6. Bawa bukti tersebut ke perpus D untuk dicek, nanti kalau udah masuk akan di TTD dan dicap bukti tersebut oleh pihak perpus sebagai salah satu syarat untuk minta TTD Kepala Bidang PI, Bu Melani.

7. Untuk yang GA ADA REVISI bisa langsung hardcover hasil penulisan kita. bagi yang ada REVISI (seperti saya *curcol) bisa diberesin dulu revisiannya, hubungi penguji yang tertera di surat revisi. bila sudah langsung hardcover. *langkah ini bebas bisa dimulai sebelum atau sesudah upload PPT. lebih cepat lebih baik*

8. Minta TTD DP (Dosen Pembimbing)

9. Minta TTD Kasubag PI untuk TI Bu Melani dengan membawa surat revisian sidang sama bukti upload persentasi yang udah di TTD perpus dan tentunya hardcover yang sudah di TTD DP. Bisa ketemu di BAAK D41 atau langsung di loket pendaftaran sidang PI. biasanya sih ada *pengalaman saya kemarin di situ*

10. Minta TTD Kajur TI Pak Adang dengan membawa hardcover yang sudah di TTD Kasubag PI, CD yang berisi penulisan dalam bentuk word yang diberi cover (gue bikin cover di warnet deket kampus d yang dilorong), nilai UU dengan min nilai 3, foto copy kursus dan workshop dari kampus (bukan jurusan). Semua bisa dibawa ke sekjur D421, kalau asisten kajur ada di sana bisa langsung di TTD, kalau gak, semua itu bisa disimpan di tempat yang sudah disediakan di sana. Dan bisa diambil keesokan harinya atau lusa.

11. Kalau sudah lengkap semua TTD,


scan lembar pengesahan lalu jadikan dalam bentuk PDF.

12. Upload semua file PI dalam bentuk PDF ke deposit library. langkahnya sama seperti no 2 dan 3, namun jenis penulisan diganti dengan PENULISAN ILMIAH JENJANG SETARA SARJANA MUDA.


13. Setelah selesai upload penulisan, kali ini ga ada cetak bukti seperti persentasi. langsung bawa hardcover yang udah di TTD lengkap ke perpus D.

14. Pihak perpus bakal ngecek apa yang diupload sama dengan yang di hardcover. kalau udah ga ada masalah, nanti dikasih blanko 25000 yang harus dibayar di bank DKI.

15. Bayar blanko

16. Balik lagi ke perpus, nyerahin blanko yang udah dibayar tadi. nanti pihak perpus ngasih 1 buat kita yang dipake buat ngambil SERTIFIKAT. terus nyuruh kita buat definisiin penulisan kita.

17. Definisikan semua dokumen PI yang sudah kita upload. pilih deposit library lagi, lalu pilih penulisan yang sudah kita upload. nanti akan muncul definisikan dokumen seperti berikut.




klik definisikan dokumen pada dokumen yang belum didefinisikan. maka akan muncul kotak dialog seperti berikut,




definisikan sesuai jenis dokumen, lalu pilih simpan. begitu selanjutnya sampai semua selesai didefinisikan.


18. Setelah semua selesai, tinggal ngambil sertifikat di gedung 2 lantai 1 kampus D dengan bawa blanko dan surat daftar sidang. Sertifikat selesai kurang lebih 3 minggu setelah sidang.



GOOD LUCK :)
Semangat !

Tahap Setelah Sidang Penulisan Ilmiah Tahap Setelah Sidang Penulisan Ilmiah Reviewed by BAYU TRI WIBOWO on 9:28 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.