PEMIMPIN YANG PATUT DITELADANI



Pemimpin adalah orang dengan Ketrampilan mempengaruhi, Memotivasi, Menginspirasi atau Membujuk orang lain dan pada akhirnya menjadikan mereka sebagai pengikut.

Pemimpin yang saya akan bahas adalah sosok pemimpin Indonesia di awal kemerdekaan Indonesia yaitu Ir. Soerkarno. Kenapa saya membahas sosok presiden pertama kita karena menurut saya dialah yang memiliki peran penting untuk membuat Indonesia merdeka.


Kita semua tau kalau dia yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, bayangkan kalau Ir. Soekarno tidak memproklamasikan kemerdekaan, belum tentu kita bisa seperti sekarang. ya walaupun mungkin bisa digantikan dengan orang lain saat memproklamasikan. Tapi bukan itu yang membuat saya kagum dari beliau. tapi semangat dalam memperjuangkan kemerdekaan, pidato-pidato beliau yang membuat semangat bangsa Indonesia pada saat itu, dan gaya kepemimpinan beliau yang sangat tegas dan berani itu yang membuat saya mengagumi Ir. Soekarno .

Ir. Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun. Ir. Soekarno adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945 - 1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah penggali Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Mungkin kita sudah sulit untuk menemukan sosok pemimpin Indonesia yang berani menentang Negara besar dan berpengaruh besar seperti Amerika sekarang-sekarang ini. Dulu kalau tidak salah Ir. Soekarno pernah mengatakan “go to hell with your aid” pada Amerika saat Amerika mencoba menekan Indonesia dengan diplomasi ekonomi. Sebenernya masih banyak lagi contoh yang membuat saya mengagumi beliau, tapi pasti akan banyak sekali cerita yang saya buat. Mungkin akan saya ceritakan beberapa kasus yang membuat Ir. Soekarno di kagumi dunia.

Berteriak adalah “hobi” Soekarno. Ia berteriak untuk memberi semangat rakyatnya. Ia berteriak juga untuk mengganyang musuh-musuh negara. Jika konteksnya adalah membakar semangat rakyat, maka Bung Karno adalah seorang orator ulung. Bahkan paling unggul pada zamannya. Sebaliknya, jika ia berteriak karena terinjak dan teraniaya harga dirinya sebagai presiden dan kepala negara, maka Soekarno adalah presiden paling berani yang pernah hidup di atas bumi ini.

Bukan hanya itu. Organisasi dunia yang bernama Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pun pernah dilawan. Tanggal 20 Januari 1965, Bung Karno menarik Indonesia dari keanggotaan PBB. Ini karena ketidak-becusan PBB dalam menangani persoalan anggota-anggotanya, termasuk dalam kaitan konflik Indonesia – Malaysia.

Mungkin itu beberapa hal yang membuat rakyat Indonesia dan saya juga rindu dengan gaya kepemimpinan Ir. Soekarno. Coba kalian bayangkan kalau presiden kita sekarang seperti Ir. Soekarno mungkin Indonesia akan menjadi Negara yang jauh lebih maju.


PEMIMPIN YANG PATUT DITELADANI PEMIMPIN YANG PATUT DITELADANI Reviewed by BAYU TRI WIBOWO on 11:30 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.