Tanggung Jawab

Tanggung Jawab
Sebelum membahas mengenai perbuatan tanggung jawab pribadi saya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya mengenal arti kata tanggung jawab terlebih dahulu, Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menangggung, memikul, menanggung segala sesuatunya, dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Beberapa macam-macam tanggung jawab yang saya lakukan diantaranya:
1) Tanggung jawab terhadap Tuhan
Sebagai seorang manusia dan makhluk ciptaan Tuhan, setiap hal yang saya lakukan semua langsung berkaitan dengan tanggung jawab saya terhadap Tuhan, sehingga semua tindakan saya yang baik maupun tidak baik meskipun orang-orang disekitar saya tidak mengetahuinya namun Tuhan melihat semuanya, karena itu saya harus bertanggung jawab terhadap tindakan saya serta menjaga perilaku saya meskipun tidak ada orang disekitar saya yg mengetahuinya.
2) Tanggung jawab terhadap keluarga
Selanjutnya sebagai seorang anak bontot atau anak terakhir dari keluarga saya, saya bertanggung jawab untuk menyelesaikan studi S1 saya karena orang tua saya sudah bersusah payah untuk membiayai kuliah saya, sehingga saya tidak boleh mengecewakan mereka, serta saya juga harus bisa menjaga nama baik keluarga saya dengan tidak melakukan perbuatan yang dapat mencemarkan nama baik keluarga saya.
3) Tanggung jawab terhadap masyarakat
Saya sebagai seorang makhluk sosial saya hidup pasti memerlukan orang lain disekitar saya, misalnya untuk berkomunikasi dengan orang lain, bercanda dengan teman dan menjaga keakraban, didalam bertingkah laku, berbicara dan perbuatan kepada mereka harus saya pertanggung jawabkan, karena bisa saja ada perkataan atau tingkah saya yang membuat mereka benci dan menjauh dari saya akan menyebabkan berkurangnya teman atau orang lain yang dapat diajak untuk berkomunikasi.
4) Tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa

Saya sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir saya memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan skripsi karena saya mendapatkan SK, saya juga disibukkan oleh kegiatan kampus seperti praktikum dan hal yang lainnya, saya harus dapat mengelola waktu saya dengan baik agar saya dapat mengerjakan skripsi, tugas kampus, laporan-laporan praktikum dan hal lainnya dengan baik agar tak terbengkalai.
Tanggung Jawab Tanggung Jawab Reviewed by BAYU TRI WIBOWO on 9:08 pm Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.